Materi UJian dan KIsi Kisi SMU5 Solo

Silahkan Cari Jawabannya dan di Pelajari kalo tidak tau di Internet ada

Untuk Soal option sesuai materi yang pernah diberikan

35 option dan 5 essay

  1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Komputer Jelaskan masing-masing kategori yang ada?
  2. Jelaskan perbedaan antara software yang bersifat Komersil, Trial, GPL ?
  3. Sebutkan dan berikan penjelasannya serta contoh 7 kategori software?
  4. Jelaskan pengertian dan perbedaan  File System Fat 32 dan NTFS?
  5. Gambarkan beserta keterangannya contoh pemasangan storage media pada main board jika tersedia hardware berupa mainboard, hardisk 40 GB, CD-Rom dan DVD-RW dengan ketentuan sebagai berikut
    1. Tentukan mana Primary dan Secondary baik slave mauun master ?
    2. Tunjukan dengan gambar sesuai dengan keterangan poin a yang anda buat diatas?
    3. Gambarkan posisi jumper masing-masing storage media ada?

SELAMAT BELAJAR YA

Iklan

Leave a comment »

Sejarah Angkringan (jogja)-Hik(Solo)

Apa yang anda lakukan ketika merasa suntuk sekaligus lapar, jenuh dengan aktifitas sehari-hari dan ingin melepas penat tanpa merogoh kocek terlalu dalam? Jika anda tinggal atau kos di Jogja, entah itu kuliah atau bekerja, anda tentu sudah tidak asing dengan yang namanya “angkringan” bukan? Ya, angkringan bisa kita temukan di mana saja di sepanjang jalan yang ada di Jogja. Kita juga bisa menemukannya di Solo, hanya saja namanya berbeda. Di Solo sebutannya “hik”. Ada yang mengatakan itu kepanjangan dari “hidangan istimewa kampung”. Sedangkan angkringan berasal dari kata bahasa Jawa “angkring” yang artinya duduk santai, biasanya dengan melipat satu kaki ke kursi. Yang jelas angkringan Jogja dan hik Solo tidak jauh berbeda ciri-cirinya. Malam ini Jogja cerah sekali cuacanya. Rembulan terlihat setengah lingkaran, seperti semangka keemasan melayang di langit malam yang hitam. Saya ingin menikmatinya sambil ngangkring si dekat kosan saya di daerah Sagan, tepatnya di jalan Herman Yohanes. Ada yang belum pernah ngangkring? Waa..kemana saja mbak?

Angkringan adalah semacam warung makan yang berupa gerobag kayu yang ditutupi dengan kain terpal plastik dengan warna khas, biru atau oranye menyolok. Dengan kapasitas sekitar 8 orang pembeli, angkringan beroperasi mulai sore hari sampai dini hari. Namun kini ada juga yang mulai buka siang hari. Pada malam hari, angkringan mengandalkan penerangan tradisional senthir dibantu terangnya lampu jalan.

Makanan khas yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telor puyuh, kripik dan lain-lain. Nasi kucing (dalam bahasa Jawa disebut “sega kucing“) bukanlah suatu menu tertentu, tetapi lebih pada cara penyajian nasi bungkus yang banyak ditemukan pada angkringan. Dinamakan “nasi kucing” karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk pakan kucing. Bagi kaum laki-laki mungkin bisa menghabiskan 3-5 bungkus. Saya saja yang perempuan, pernah menghabiskan 4 bungkus. Entah karena nasinya memang enak atau saya yang doyan makan, saya sendiri bingung. Minuman yang dijual pun beraneka macam seperti teh, es jeruk, kopi, wedang tape, wedang jahe, susu, atau campuran beberapa yang anda suka. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi sekarang kalau dirasa-rasa, harga hidangan angkringan ikut melambung gara-gara kenaikan harga BBM 24 Mei 2008 lalu. Tetapi teap saja angkringan banyak penggemar.

Mungkin hampir setiap 100 meteran, kita dapat menemukan angkringan. Bagaimana awalnya usaha ini bisa begitu menjamur di Jogja? Sebagai mahasiswa yang cukup hobi ngangkring, saya kerap mengobrol dengan pedagangnya setiap kali ngangkring. Ternyata setiap kali saya tanya “Pak njenengan asline king pundi?”, jawabannya hampir selalu sama, “Kula king Klaten, Mbak”. Pedagang angkringan di Jalan Herman Yohanes tempat saya biasa membeli jasu (jahe susu) pernah saya tanya, “Wis suwe po Mas bukak angkringan?”, dan dia menjawab, “Lha wong mbahku wae bukak angkringan kok, Mbak”. Sebenarnya sejak kapan angkringan muncul di Jogja?

Sejarah angkringan di Jogja merupakan sebuah romantisme perjuangan menaklukan kemiskinan. Angkringan di Jogjakarta dipelopori oleh seorang pendatang dari Cawas, Klaten bernama Mbah Pairo pada tahun 1950-an. Cawas yang secara adminstratif termasuk wilayah Klaten Jawa Tengah merupakan daerah tandus terutama di musim kemarau. Tidak adanya lahan subur yang bisa diandalkan untuk menyambung hidup, membuat Mbah Pairo mengadu nasib ke kota. Ya, ke sini, ke Jogjakarta.

Mbah Pairo bisa disebut pionir angkringan di Jogjakarta. Usaha angkringan Mbah Pairo ini kemudian diwarisi oleh Lik Man, putra Mbah Pairo sekitar tahun 1969. Lik Man yang kini menempati sebelah utara Stasiun Tugu sempat beberapa kali berpindah lokasi. Seiring bergulirnya waktu, lambat laun bisnis ini kemudian menjamur hingga pada saat ini sangat mudah menemukan angkringan di setiap sudut Kota Jogja. Angkringan Lik Man pun konon menjadi yang paling dikenal di seluruh Jogja, bahkan di luar Jogja.

Berbeda dengan angkringan saat ini yang memakai gerobak, diawal kemunculannya angkringan menggunakan pikulan sebagai alat sekaligus center of interest. Bertempat di emplasemen Stasiun Tugu Mbah Pairo menggelar dagangannya. Pada masa Mbah Pairo berjualan, angkringan dikenal dengan sebutan ting-ting hik (baca: hek). Hal ini disebabkan karena penjualnya berteriak “Hiiik…iyeek” ketika menjajakan dagangan mereka. Istilah hik sering diartikan sebagai Hidangan Istimewa Kampung. Sebutan hik sendiri masih ditemui di Solo hingga saat ini, tetapi untuk di Jogja istilah angkringan lebih populer. Demikian sejarah angkringan di Jogjakarta bermula.

Boleh jadi angkringan merupakan stereotipe kaum marjinal berkantung cekak yang beranggotakan sebagian mahasiswa, tukang becak dan buruh maupun karyawan kelas bawah. Namun, peminat angkringan kini bukan lagi kaum marjinal yang sedang dilanda kesulitan keuangan saja, tetapi juga orang berduit yang bisa makan lebih mewah di restoran.

Dari semua angkringan yang pernah saya coba, saya jatuh cinta pada jadah bakar dan teh nasgitel (panas, legi, kentel) racikan Lik Man, angkringan legendaris Jogja. tidak jarang warung angkring Lik Man kedatangan orang-orang terkenal dari berbagai jenis pekerjaan. Djadug Feriyanto misalnya, kakak kandung Butet Kartaradjasa yang juga leader kelompok musik Sinten Remen ini pun jatuh cinta kepada angkringan Lik Man di Stasiun Tugu sana. Tidak hanya Djadug, beberapa sastrawan, budayawan, atau olahragawan ternama seperti Cak Nun (Emha Ainun Najib), Butet Kartaradjasa, Marwoto Kawer hingga Jammie Sandoval pemain PSIM asal Chilie pun sering meluangkan waktu malamnya untuk jajan di angkringan. Menyenangkan sekali melepas kepenatan bersama teman atau orang lain yang baru ketemu disana, lalu ngobrol ngalor-ngidul, gojeg kere, main plesetan kata-kata, menggoda bencong lewat, sampai tertawa lepas melepaskan beban pikiran. Tak perlu minder dengan apa status anda, karena di angkringan semuanya adalah sama

Rekomendasi Angkringan Enak Solo-Jogja >>

– Angkringan Tugu (kopi Jozz) Jog

– Angkringan PDAM Jogja Sleman

– Angkringan Kali Code (Sepanjang Kali Code Jogja)

– Hik Pak Kumis (Manahan Solo)

– Hik Bladu (Kantor KB Karanganyar Solo)

– Hik Gaul (Karanganyar Solo)

dan masih banyak lagi angkringan / hik di  solo-jogja yang mestinya kamu samperin..yang jumlahnya hampir ribuan di kedua kota itu..

(dari berbagai sumber dan author emmanis)

Leave a comment »

To Day 4 % Lagi (Solo-Jogja)

hmm……dah lama gak ngecek blog, gara-gara skripsi huh huh huh banyak sekali comment yang masuk..dua hari ini perjalanan solo jogja naek PRAMEKs Alias Prambanan Express begitu menyenangkan, selama perjalanan aku cuma chating dan chating aja..entah n gak tau sama siapa yang penting ada temen diajak bicara aja deh..hmmm.alhamdulillah lama gak bimbingan akhirnya skripsiku tinggal beberapa persen lagi..ayo–ayo semangat, sambil nunggu dosen, iseng – iseng mampir ke SIC sambil ngetik n ngecek blog ah..udah dulu dosen meng sms diriku..(hihihi baik sekali dosennya)…

Leave a comment »

SS (Special Sambel Karanganyar)

Warung SS ( Warung Spesial Sambel Pedas Abis!) adalah tempat yang cocok buat wisata kuliner. Mak nyuss rasane…yang dari tadi siang belum makan iseng – iseng sama adekqu makan siang digabung makan sore ber dua disini.sebelumnya SS sudah ada sejak beberapa taun lalu warung ini pertama aku temuin sih di kota pelajar alias jogjakarta…ternyata gak lama kemudian ada juga toh di karanganyar (kota dimana tempat aku tinggal), nah buat temen-temen yang suka pedes dah yang hot-hot bisa dateng deh di warung ini, selainnya tempatnya bagus, seikit romantis (remang-remang) cocok buat kalian buat ngedate, ngerayaain ulang tahun de el ele deh pokoknya. Setauku SS ada di 2 kota diantaranya
Jogjakarta (daerah terban dan JAKAL jalan kaliurang dan ada dimana lagi lupa hehe)
Surakarta (daerah manahan dan deket kampus UMS)
Karanganyar ( di dekat taman pancasila kota karanganyar)
Mungkin buat temen-temen yang tau cabangnya bisa di add dikomen aja deh…warung ini nyediain banyak menu diantaranya adalah menu sambel : teri, bawang, terasi,  lombok ijo, lombok merah, gobal-gabul dan udang pedas lalu menu sayur : asem, pete, trancam dan gudangan dan lauk seperti ayam, lele, nila baik bakar maupun goreng dan minuman lainnya, penasaran coba aja deh kesana sendiri tetep sehat bersama wisata kuliner mak nyusss.. kayak pak bondan bilang.. untuk masalah harga per itemnya lumayan deh antara 1000 – 10.000 rupiah..

Comments (6) »

Indahnya Hidup Bersama Rasulullah SAW

Jika kita mengenal Rasulullah SAW, lalu mengamalkan
secara sungguh-sungguh apa yang telah beliau
contohkan, maka akan lahir kerinduan untuk berjumpa
dengannya. Inilah pertanda cinta yang akan
mengantarkan kita menjadi ahli syurga.

Saudaraku yang budiman, sungguh, setiap orang
merindukan hidup penuh kebahagiaan, kemuliaan,
kehormatan, serta sukses dunia akhirat. Namun sayang,
kenyataannya seringkali tidak sesuai dengan harapan.
Padahal hidup kita di dunia hanya sekali dan belum
tentu lama.

Karena itu, kita harus segera menemukan kunci yang
dapat membuka pintu karunia yang diidamkan tersebut.
Kunci itu adalah pribadi Rasulullah SAW; qudwah
hasanah atau contoh terbaik dalam kehidupan. Allah
berfirman dalam QS Al-Ahzab ayat 21: "Sesungguhnya
telah ada pada (diri) Rasul itu suri teladan yang baik
bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat)
Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak
menyebut Allah."

Dari sini, jika kita bersungguh-sungguh mengenal dan
meneladani setiap gerak laku Rasulullah SAW, insya
Allah, kita akan mendapat keuntungan yang dapat segera
dirasakan manfaatnya.

Apa saja yang akan kita peroleh dengan meneladani
akhlak Rasulullah SAW? Ada enam keuntungan. Pertama,
hidup akan terasa lebih mudah dan indah. Meniru akan
jauh lebih mudah daripada menciptakan. Dan, meniru
kebaikan bukanlah hal tercela, bahkan akan bernilai
ibadah. Apalagi meniru Rasulullah SAW! Dengan meniru
beliau, hidup menjadi lebih mudah karena segala
sesuatunya telah dicontohkannya.

Ada sebuah ilustrasi. Kita akan lebih menikmati
berjalan di rimba belantara bila kita disertai pemandu
yang sudah sangat paham, berpengalaman, dan menguasai
medan. Begitu juga perumpamaan orang yang selalu
mencontoh Rasul yang mulia. Ia akan bisa menikmati
beragam episode hidup, betapa pun sulitnya, karena
telah ada pembimbing dan teladan terbaik yang
menguasai medan kehidupan.

Kedua, hidup menjadi lebih mulia dan terhormat. Dengan
meneladani Rasulullah SAW, orang akan merasakan dampak
dari kesabaran, kerendahan hati, keikhlasan,
kedermawanan, dan kemuliaan akhlak diri. Karena
standar prilaku Rasulullah SAW begitu tinggi dan
mulia, secara tidak langsung-baik sadar maupun
tidak-akan mengangkat martabat, kehormatan, serta
kemuliaan bagi siapa pun yang menirunya. Difirmankan,
Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang
agung (QS Al-Qalam [68]: 4).

Ketiga, akan disukai dan disayangi orang lain. Rasul
adalah pribadi yang sangat menyenangkan dan penuh
manfaat bagi orang banyak. Dengan mencontohnya, kita
pun akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan
bermanfaat. Konsekuensinya, pribadi seperti ini akan
melahirkan simpati, rasa hormat, dan kasih sayang dari
orang lain.

Keempat, hidup akan penuh prestasi. Rasul adalah tipe
orang yang selalu menjaga mutu dari setiap prilaku.
Beliau selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik,
dengan konsep yang jelas, perencanaan yang matang,
sikap profesional, dan dengan etos kerja yang prima.
Hasilnya pun terbukti dan teruji kualitasnya hingga
sekarang. Bisa dibayangkan jika kita hidup dengan
meniru cara beliau hidup. Kemampuan berkarya dan
berprestasi akan makin melejit, potensi berkembang
maksimal, aneka masalah akan terkemas menjadi sesuatu
yang bernilai tambah bagi kemajuan hidup.

Kelima, akan dicintai Allah. Allah Azza wa Jalla telah
berjanji untuk mencintai siapapun yang mencintai
kekasih-Nya. Rasulullah SAW adalah orang yang paling
dicintai Allah. Bila kita mencintai beliau, maka
otomatis cinta Allah pun akan mengaliri kehidupan
kita. Allahu Akbar!

Keenam, insya Allah kita akan masuk syurga. Seseorang
akan mengikuti prilaku orang yang dicintai dan
diidolakannya. Suatu ketika ada seorang sahabat
bertanya, "Seseorang mencintai kaumnya. Apakah kelak
ia akan bersama-sama mereka?" Rasul menjawab, "Ia akan
bersama orang yang dicintainya".

Intinya, jika kita mengenal, lalu mengamalkan secara
sungguh-sungguh apa yang telah dicontohkan Rasulullah
SAW, maka akan timbul perasaan cinta dan rindu ingin
berjumpa dengannya. Inilah pertanda cinta yang akan
menjadikan kita ahli syurga. Aamiin.


Leave a comment »

Buku Islam Keren “Mukjizat Tahajud dan Subuh”

Buku ini hadiah dari ayah buat aku..buku islami yang gak kalah keren dari novel ayat –ayat cinta tapi ini bukan novel tapi buku referensi dan pengetahuan islam .namun belum sempat semua ku baca isinya .tapi Ketika ku membuka-buka lagi ternyata dalam buku ini banyak sekali manfaat dan ucapan yang dapat membangkitkan jiwa khususnya kaum muslim. Shalat tahajud memiliki kekuatan dan mukjizat sendiri, selain berdampak dari kesehatan fisik dan jiwa sholat sepertiga malam ini juga dianjurkan oleh Allah SWT . Rasuallah Muhammad SAW ketika selesai menjalankan ibadah ini mendapat beberapa manfaat diantaranya : disejukkan pandangannya, mendapatkan pahala (so pasti), mendapatkan derajat yang mulia (isyaAllah ketika kamu ngejalaniya dengan ikhlas). Wajahnya terlihat tampan karena air wudhu yang selalu membasuhi wajahmu (gak usah maskeran bagi kamu yang perempuan)..ketika aku membaca buku yang diterbitkan oleh grafindo ini yah gak Cuma itu yang bisa didapatkan shubuhan tepat waktu juga ada manfaatnya kok temen-temen karena kita bangun pagi ternyata disaksikan para malaikat, selain itu manfaat yang lain isya Allah menyelamatkan kaum muslimin dari adzab yang kejam, mendapatkan pahala setera dengan ibadah haji dan umrah (gak perlu jauh2 ke arab tapi kalo ada rizki aku pengen banget), terhidar dari kemunafikan dan masih banyak lagi karena buku ini diambil berdasarkan AlQuran dan Hadist , buku karangan Yusni Al Ghazali ini juga dilengkapi dengan doa dan dzikir dengan isi total 186 halaman (agak tebel)..wah temen-temen yuk kita berlomba-lomba menuju kebaikan, tobat yuk bagi yang belum jadiin penuh bagi yang setengah-setengah hehehee kayak aku (namanya juga manusia biasa iman nya naik turun)..buku ini aku rekomendasiin buat kalian yang ingin terbebas dari belenggu setan khususnya waktu tidur malam dan keenakan molor karena waktu kubaca buku ini ada tulisan yang berbunyi :

“Manusia ketika tidur diikat oleh setan, dengan tiga tali. Dan pada tiap talinya diikat dengan mantra setan. Malam masih panjang maka tidurlah..namun ketika manusia bangun dan mengingat Allah maka akan terlepas satu ikatan itu, berikutnya ketika berdiri dan mengambil air wudhu maka terlepas pula tali kedua dan ketika sholat sepertiga malam ini dilaksanakan maka terlepas pula tali yang ketiga” dan saat itulah hilanglah rasa malas pada dirinya”.

Tapi bagi teman-teman yang jarang ngejalaninya pasti berat pada saati pertama kali, berat kayak kalian ngangkat beban 100 kwintal. Apa lagi melekin mata yang diganjel setan hehehe…tapi itu tak apa yang penting siapa yang ngejalaninya dengan ikhlas semua perintahnya maka dia akan lulus, siapa yang terbebani oleh ujian dan tidak berusaha berjuang untuk menunaikan perintahnya maka kelak dia akan rugi dan menyesal

Leave a comment »

MATERI UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS 2 IPA SMU 5 SURAKARTA

Demi kelancaran Ujian Akhir Semester ini, maka materi ujian yang akan di ujikan pada UAS adalah sama dengan materi yang saya berikan pada saat Ujian Mid Semester dengan tambahan materi sebagai berikut :

  1. Pengertian dan Fungsi dari software Flash MX
  2. Macam animasi dasar pada flash
  3. Pengertian – pengertian seperti : keyframe, frame, layer, page properties, library dan
  4. Objek simbol pada flash terdiri dari 3 jenis,sebutkan dan perbedaannya

NB : kemungkinan soal adalah 35 Option dan 5 Essay atau 40 Option dan 5 essay

SELAMAT BELAJAR

Comments (10) »